ini adalah wawancaara saya dengan teman saya yang mempunyai sebuah usaha. Awal bertemunya kami adalah di mana pada saat saya membeli sesuatu di toko teman saya.
Hari demi hari saya menjadi sering membeli sesuatu di warung teman saya,dan kami berbincang-bincang dan tidak terasa pembicaraan kita selalu nyambung dengan apa yang di bicarakan.
Saya kenal dengan dia pada tahun 2005 sampai dengan saat ini,dan pertemanan kita cukup baik.
Lalu saya mendapat kan tugas softskill (ilmu osial dasar) yang di mana di beri tugas untuk mewawancarai seseorang yang mempunyai usaha.
Tidak berfikir lama lalu saya meminta bantuan pada teman saya untuk di wawancarai oleh saya.
Dan dia pun sanggup dan bersedia untuk di wawancarai oleh saya.
Inilah sedikit CV (curriculum vitae) dia.

Nama   :  ASWAN MAYUTAN NASUTION
TTL      :  MEDAN, 07-NOVEMBER-1984
Alamat  : Jl. Keranji Timur Rt 01/09 CIRIUNG-CIBINONG-BOGOR

Dan inilah wawancara dengan teman saya tersebut
W  : adalah saya (Wanda)
B   : adalah Narasumber (Beny)
W  : Ben bisa ga ceritain masa kecil kamu, seperti apa & kamu lahir di mana, TK,SD,SMP,SMA dimana?
B : aku itu kelahiran MEDAN, 07-NOVEMBER-1984 KABUPATEN MANDAILING NATAL SUMATERA UTARA.

Dan aku di sana tinggal bersama keluargaku.
Pada tahun 1990 aku (Beny) memasuki SEKOLAH DASAR NEGRI 1 PUNCAK SORIK MERAPI (PSM) KABUPATEN MANDAILING NATAL SUMATERA UTARA.
Dan aku melanjuti sekolah ku (Beny) ke jenjang SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SMP NEGRI 1 1 PUNCAK SORIK MERAPI (PSM) PADA TAHUN 1997 KABUPATEN MANDAILING NATAL KABUPATEN SUMATERA UTARA.
W  : prestasi apa aja sih yg pernah didapet sama kamu ben?
B  : Prestasi yang pernah di dapat, sebenarnya ga terlalu penting menurut orang, tapi ini peting dan banyak pengalamannya untukku,
aku itu mendapatkan peringkat/rangking kelas berturut-turut dari kelas 1 sampai kelas 6 SD,jaman aku SD itu masih menggunakan system (CATURWULAN)
Dan pada kelas 1 aku mendapat rangking: 2,2,3 di lanjutkan pada kelas 2 aku mendapat rangking : 3,2,2 di lanjutkan pada kelas 3 aku mendapatkan rangking : 1,3,3 di lanjutkan pada kelas 4 aku mendapatkan rangking : 2,2,2 di lanjutkan pada kelas 5 aku mendapatkan rangking : 2,1,2 di lanjutkan pada kelas 3 aku mendapatkan rangking : 4,3,1,dan aku pun lulus.
Aku melanjutkan sekolah ku ke jenjang selanjutnya (SMP) di smp peringkatku agak menurun menjadi 7 besar di sekolah,peringkat 7 besar di sekolah aku petahankan hingga kelulusan SMPku,tetapi aku tidak melanjuti kembali studiku ke jenjang selanjutnya, di karenakan orang tua (BAPAK) aku meninggal dunia pada tahun 1997 di saat aku duduk di SMP,dan aku pun berusaha untuk bisa membiayai semua keperluan yang aku butuhkan pada saat itu.
Aku tidak melanjuti studiku tetapi aku melanjutkan usaha orang tua (BAPAK) yang haru di kembangkan oleh keluargaku supaya keluargaku bisa hidup sampai saat ini.
W  : bisa gak ben ceritain tentang usah kamu ? kaya usahnya tentang apaan?
B  : Aku itu adalah seorang anak petani dan orang tuaku adalah seorang petani & mempunyai sebuah perkebunan karet & sawah, dan itulah usahaku yang di turunkan oleh alm.BAPAK.
Dan aku mempunyai toko sembako dan alhamdulillah sekarang mempunyai 4 cabang yang di kelola oleh keluargaku hingga saat ini / sekarang.
W  : ide awal kamu usaha itu dari mana sih ? trus mulai sejak kapan usaha itu dimulai?
B  : Usaha pertama kali aku mempunyai ide dari orang tua yang mendorong & mensuport ku untuk melanjutkan usaha orang tua.
Dan aku merantau ke BOGOR daerah CIAWI untuk membuat usaha yang berawal kecil-kecilan bersama keluarga pada tahun 1999 akhir.
Di mulai pada tahun 1999 akhir itu aku masih menjadi katyawan di perusahaan keluarga hingga tahun 2004 & aku berfkir untuk berusaha bagai mana caranya untuk membuka usaha sendiri dengan cara membuka sebuah toko sembako kecil-kecilan pada tahun 2004 akhir sesudah aku bekerja dengan keluargaku,dan aku menekuni usaha toko sembakoku hingga sekarang ini.
W  : pemasarannya dengan cara apa ? trus sudah sampai mana saja pemasarannya?
B  : aku menjual hasil perkebunan karetku yang di turunkan oleh oleh orang tua menggunakan mobil barang yang ku punya dengan mengirimkan kepada pengelola karet maupun pasar / koperasi dan sudah kukirim usaha hasil perkebunan karetku antar sumatera.
Dan toko sembako ku pun melalui proses kirim-mengirim dari agen hingga ke aku sebagai distributor & aku membaginya kepada 4 cabang toko sembakoku yang di kelola oleh keluargaku.
W  : kira-kira omzet perbulan berapa?
B  : Ku gak bisa menjelaskan secara rinci yah nda,yah kira-kira saja yah usahaku itu per hari bisa mendapatkan 1.500.000,- perhari loh itu
Yah kalau mau di itung-itung per bulan bisalah mencapai 45.000.000,- yah lumayan deh buan orang seumuran aku ini.hahaha
W  :kan setiap usah pasti ada suka dukanya tuh ben .bisa ceritain ga sukanya gimana? dan dukanya gimana ben?
B  : Yah sukanya itu sih pada saat orang tua (BAPAK) masih ada kehidupan keluarga kami begitu tenang,tentram & ekonomi rumah tangga keluargaku pun sangat tercukupi,malah bisa di bilang lebih dari cukup, dan mencoba untuk buka usaha sendiri aku tuh berasa seperti gimana yah... yah pokoknya sangat-sangat puas sekali dan merasakan bagai mana susah payahnya sebagai orang yang mempunyai usaha.
Hmm dukanya itu di awali pada tahun 1997 di mana (BAPAK) meninggal dunia,keadaan ekonomi menjadi menurun drastis berbeda dengan pada saat (BAPAK) masih ada pada saat itu,lalu mulai dari situ aku pun untuk bangkit dan berusaha & beffikir terus untuk menyekolahkan diri sendiri & mengelola usaha (BAPAK) bersama keluarga
Dan kehidupan keluarga kami dari kaka sampai adik pun menjadi mandiri.
W  : bisa ga nih ben ngasih pesan buat seseorang yang ingin memulai usaha!
B   : oh bisa tenang aja kita itu haru saling membagi kepada para orang yang mau membuka isaha
Awal sih harus di landasi dengan kejujuran dalam diri sendiri harus di tingkatkan, maupun ke orang lain,kemauan juga tuh jangan lupa nda,itu harus malah bisa jadi wajib di miliki para orang yang mau memiliki usaha kemauannya-kemauan yang besar & diniati dengat niat yang benar-benar ingin membuka usaha,oh iya doa orang tua tuh jangan lupa trus menghormati usaha yang sedang di jalankan,yah sebenernya masih banyak sih,tapi cukup deh segitu dulu wat awalan
Pengusaha yang mulai dari awal atau 0 % pasti akan merasakan sendiri kok,ok nda.
W  : harapan kamu kedepannya gmana dengan usaha ini??
B   : harapan aku sih yah nda hari ini tuh ingin lebih baik dari hari kemarin,dan hari esok lebih baik dari hari ini,coba di renungkan saja.
Dalam wawancara ini saya mendapatkan banyak pelajar hidup yang dapat diambil dari pengalaman dia (BENY). Beberapa pelajaran yang dapat saya ambil adalah
• untuk mendapatkan kesuksesan tidaklah mudah, kita harus bekerja keras dan menghadapi segala masalah yang menghalang.
• selain bekerja keras kita haruslah berdoa dan mendalami ajaran agama karena ajaran agama dapat membimbing kita kearah kesuksesan.
• menjadi perantauan dan jauh dari orang tua dan keluarga membuat kita lebih dapat memahami dan mempelajari apa arti hidup yang sesungguhnya.
• apabila kita ingin mencapai suatu target, kita harus yakin bahwa kita bisa dan bekerja dengan keras tanpa harus MALU dan ragu-ragu.
• apabila kita mempunyai sebuah ide yang bagus cobalah mewujudkan ide tersebut tanpa harus memikirkan hasilnya terlebih dahulu, karena apabila kita tidak mencoba maka kita takan tahuhasilnya.
• Kesuksesan bukan dilihat dari factor umur/usia tetapi dari factor kerja keras dan pengalaman hidup.
• SO HARI ESOK HARUS LEBIH BAIK DARI HARI INI

Inilah foto-foto dia dengan usahanya.




1.Foto Saya Bersama Sdr,Beny di Toko Sembakonya.












2.Tampak Depan Toko Sembako Sdr,Beny.













3.Persawahan Yang Di Kelolanya Bersama Keluarga Di Kampung.


1 comments:

  1. OK..SETIAP KITA DI HADAPKAN DENGAN PERISTIWA APAPUN, PANDANGLAH SEMUA ITU DAN TANGGAPILAH DENGAN PENUH KEYAKINAN KARENA ITU SEMUA TUHAN SEDANG BERKEHENDAK..

    FURUHITHO

Posting Komentar